SELAMAT HARI GURU

KILAS BALIK

Asnia Edja, S.Pd., M.Pd.
Guru Fisika

Lima belas tahun mengajar dan mendidik anak bangsa. Tiga sekolah pada dua daerah yang berbeda sudah saya jalani. Pahit-Manis dalam dunia pendidikan sudah saya kecap. Saya merasa beruntung bisa merasakan itu.

2005, SMAN 1 Pasarwajo_Buton, letaknya di Pulau Buton. Sekolah tempat saya menamatkan pendidikan SMA saya. Pada awalnya menjadi penjaga perpustakaan, yang kemudian dipercaya untuk mengajar di kelas. Kesempatan itu berawal saat salah seorang guru senior mengikuti pelatihan, kelas yang diberikabn kepada saya juga tidak main-main kelas Unggulan. Peluh keringat sekujur tubuh saat berhadapan dengan mereka. Tetapi Alhamdulillah kepercayaan yang diberikan bisa saya tuntaskan, yang kemudian saya dipercaya untuk mengajarkan 3 kelas lain setelahnya. Berilah kepercayaan pada seseorang dan bimbinglah niscaya kepercayaan diri akan menghampiri dan kesuksesan akan diraihnya

2006, SMAN 1 Wabula_Buton. Masih di pulau yang sama. Desa tempat saya dilahirkan. Amanah sebagai abdi Negara, tantangan yang berbeda, mengajar peserta didik yang hampir semuanya masih keluarga. Teringat saat harus menghukum seorang keponakan hanya karena dia terlambat, tetapi aturan tetaplah aturan. Di sekolah ini saya belajar banyak hal, merasakan banyak pengalaman, beberapa kali membimbing Ujian Nasional dan sekali akrediatsi, belajar membuat Karpeg, berinovasi dan kreativitas tanpa batas. Sekolahnya masih tergolong baru, internet dan buku mapel adalah barang mahal, apatah lagi alat laboratorium. Pengalaman lain saat dipercaya mengajarkan mapel bahasa Inggris, bermodalkan kemampuan yang terbatas, berusaha agar peserta didik tetap mendapatkan hak mereka untuk mendapatkan pelayanan dan pelajarn terbaik. Masih tergambar jelas wajah-wajah peserta didik yang kini sudah meraih kesuksesan, terbatas bukan berarti tidak berusaha dan berkarya, kini beberapa darimereka telah mencapai kesuksesan. Keterbatasan bukan halangan untuk berkarya, kreativitas tanpa batas.

2011, SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makaassar_Makassar. Berpindah kepulau yang lain mengikuti tambatan hati. Sekolah yang baru dengan pengalaman yang lain. Sekolah yang terletak dalam kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, sekolah agama syarat dengan penanaman nilai-nilai Muhammadiyah didalamnya. Mencoba belajar bahkan hingga saat ini, memahami marwah Muhammadiyah, menyelam dan meleburkan diri didalamnya. Sekolah yang kaya akan sisa dengan intelektualitas yang baik, kaya akan keragaman budaya, kaya akan kreativiats dan inovasi. Saya berusaha mengimbangi diri, bertahan ditengah arus teknologi yang terbarukan, sekolah yang memiliki sarana laboratorium yang baik, dibandingkan sekolah sebelumnya. Ada rasa kaku, takut untuk berbuat salah, rasa takut jika keberhasilan tidak menyapa. Merasakan dua kepemimpinan yang masing-masing memiliki gaya tersendiri. Disini saya punya catatan karir yang cukup baik, mengasah kemampuan pada jenjang karir. Sekolah ini, syarat akan kekeluargaan, merasakan bahwa satu sama lain kami saling menopang dan mendukung. Pengalaman yang tidak terlupakan, menjadi pendengar bagi keluh-kesah peserta didik, meresapi dan memahami karakter mereka, menyelami keresahan meraka. Bagiku mereka bagai anak yang aku lahirkan sekalipun tempat mereka dilahirkan bukan dari rahimku. Aku berkomitmen untuk terus mendukung mereka, karena memberikan mereka pelayanan terbaik adalah tujuanku. Pengalaman lain, di sekolah ini saya menjadi Pemimpin, Ibu, Saudara, teman, kakak, adik dan rekan kerja, sungguh luar baisa. Sekolah adalah rumah kedua tempat mendapatkan pelajaran banyak dari kehidupan. Mendidiklah dengan hati dan ikhlaslah karena dalam hati yang ikhlas, inovasi dan kreativitas akan muncul.

Setelah lima belas tahun saya mengajar, saya sangat menyadari bahwa mulialah tugas seorang guru. Lima belas tahun belum cukup bagi saya untuk memahami hati anak-anak saya. Saya masih belajar dan akan terus belajar untuk bisa memahami mereka, untuk memberikan pelayanan terbaik saya.

Dihari guru ini saya berdoa agar saya selalu ISTIQAMAH dan IKHLAS.

#Selamat_hari_guru

#Mari berkaryaMariBerbakti

#SmichiBisaSmichiHebatSmichiBerkemajuan